Selasa, 14 Mei 2013

Legenda yang ada di Garut

Legenda Gunung Guntur
Zaman dahulukala.beridiri sebuah kerajaan di lembah kaki Gunung Kutu.Kerajaan itu bernama Kokorobokan bernama Sunan Ranggalawe seharusnya yang duduk di singgasana kerajaan adalah kakanya yang bernama Ratna Inten Dewata. Namun karena kaknya perempuan. maka Ranggalawe yang kemudian dinobatkan untuk menduduki tahta . warisan dari raja terdahulu. Suatu saat Kerajaan Kokorobokan dialanda Kemarau panjang, Kekeringan terjadi di mana - mana. sehingga rakyat kekerobokan sangat menderita. Raja pun bermuram durja memikirkan rakyat dan negrinya.Setelah berembuk dengan Patih kerajaan .Raja akhirnya memutuskan akan membuat telaga penampungan air. Namun masalahnya . Lahan yang akan dijadikan telaga saat ini sedang didiami kakanya . Ratna Inten Dewata. Dengan perasaan masyagul sunan ranggalawe meminta kakanya agar menyerahkan lahan didiaminya itu untuk dijadikan telaga. Tetapi Ratna inten dewata menolaknya . dia malah berkata " Sudah pula aku tidak jadi raja. tempat tinggalku mau engkau rebut juga ! "
Raja pun tidak bisa memaksakan kehendaknya karena dia harus menghormati kaka-nya. Patih pun sangat kecewa . Mereka menganggap Raja tidak peduli dengan rakyatnya yang menderita. Raja pun diliputi kebingungan . Namun setelah memikirkan untuk menemui kakanya kembali . Tapi apa boleh buat Ratna inten dewata tetap menolak .  Akhirnya merasa bertanggung jawab untuk menyelamatkan rakyatnya yang menderita .Raja pun memerintahkan rakyatnya untuk membendung lahan milik kakanya untuk dijadikan telaga.
Ratna intendewata sangat murka . dia pun tidak bisa melawan adiknya. akhiirnya dia pergi ke Gunung Kutu yang tidak jauh dari tempat tinggalnya . Di puncak gunungnya itu dia bertapa sambil memohon kepada Tuhan agar adiknya sadar. bahwa dia telah menganiaya kakanya sendiri. Ratna Inten Dewata menaburkan bunga dang senggenggam tanah kering di puncak gunung kutu . Tak lama kemudian tiba - tiba awan menebal dan suasana meburuk . Ratna Inten Dewata pun bergegas pergi dari gunung itu. Lalu Gunung kutu meletus dengan dahsyat dan menghancurkan Kerajaan Korobokan. Karena letusannya seperti Guntur . Gunung itu dinamai menjadi Gunung Guntur . Hingga sekarang
wallohualam Bisawab......

Legenda Curug sahyang Taraje
Konon katanya sih, kenapa dinamai curug Sanghyang Taraje karena masih ada kaitannya dengan legenda salah satu anaknya Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran, yaitu Kian Santang, yang hendak mengambil bintang untuk Dayang Sumbi melewati curug ini, maka dinamailah curug ini Sanghyang Taraje. Dan konon juga, di area curug ini Kian Santang menyimpan salah satu benda berharganya dan dijaga oleh ular yang sangat besar, dan konon lagi, penduduk sekitar kadang masih suka ngeliat penampakan dari ular besar tersebut…Wallahu ‘alam ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar